PENGERTIAN HARDWARE
Pengertian dari hardware atau
dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras
adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa
dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang
berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada
padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan
adanya perintah yang dapat dimengerti olehhardware tersebut, maka hardware
tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan
yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Bagian utama pada computer adalah CPU (Central Processing Unit), yang
berfungsi sebagai otak dari computer. Untuk dapat bekerja, CPU memerlukan alat
masukan untuk memasukan informasi ataupun perintah. Hasilnya akan di keluarkan
melalui alat keluaran. Informasi ataupun data dapat juga di ambil dan di simpan
dari dan ke media penyimpanan.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan
suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama
membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan
mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer
ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan
storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah
microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section),
Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri
dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory
terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan
komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada
sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture
Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke
dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal
computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalamkomputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar
sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan
informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistemkomputer dapat
berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device
selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua
yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang
dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse,
touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang
melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri
dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan
data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaankeyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengankeyboard . Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagaiinput device mouse ini dihasilkan oleh
bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook,
yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan
sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang
sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan
men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya kekomputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalamkomputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis
tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode
ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memorikomputer. Dari
memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin
fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawabankomputer. Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer ) pada ulangan umum dan
Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,
yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan
fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark
Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar
jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah.
Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat
menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan
kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan
kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini
ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu
banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana
kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam
memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau
ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis
sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video.
i.
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan
disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon,
kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita
inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan
perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound
card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan,
rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads
ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads
yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
K. Touch screen
Touch screen mempunyai kemampuan menampilkan dan menerima informasi
langsung pada layar yang sama. dengan demikian, kita dapat langsung
berinteraksi dengan computer tanpa menggunakan mouse ataupun keyboard.
Terkadang kita cukup meyentuhkan jari langsung pada layar atau memerlukan alat
tambahan seperti light pen ataupun jarum khusus
2. Unit keluaran (output device)
Alat keluaran bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk
mengelarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU
kedalam suatu media yang dapat di baca oleh manusia ataupun dapat di gunkan
sbagai penyimpanan data hasil proses.
Ø
Jenis-Jenis Unit Keluaran
• Monitor
Monitor komputer adalah alat keluaran yang dapat menampilkan gambar yang
dihasilkan komputer komputer tanpa rekaman permanen. Monitor komputer biasanya
menggunakan teknologi tabung sinar katode (CTR= cathode ray tube), atau dapat
juga terdiri atas panel datas seperti TFT LCD (liquit crystal display)
• LCD
Proyektor
LCD Pryektor mempunyai kegunaan seperti
monitor, hanya saja gambar yang di keluarkan akan di tampilkan di layar atau
sembarang permukaan yang datar. Alat ini sering di gunakan untu presentasi atau
pertunjukan. Keberadaan LCD Proyektor ini mulai menggantikan Slide Projector
ataupun OHP (Over Head Projector)
Dengan lensa yang dapat memproyeksikan gambar pada layar atau permukaan
datar maka hasilnya akan dapat terlihat sangat besar sehingga kita tidak perlu
menggunakan TV ataupun monitor yang besar..
•
• Printer
Printer adalah alat keluaran yang menghasilkan hard copy dari dokumen
yang di simpan dalam bentuk elektronik, biasanya pada media fisik seperti
kertas ataupun transparansi. Secara singkat printer dapat menghasilkan teks,
tulisan ataupun gambar dari komputer yg di cetak pada media seperti kertas.
Biasanya printer di hubungkan langsung ke komputer dengan menggunakan kabel
printer atau kabel USB yang mempunyai dokumen yang akan di cetak.
•
• Speaker
Speaker komputer adalah speaker eksternal yang biasanya di lengkapi
dengan jack plug stereo 1/8 inci untuk sound card computer. Terkadang orang
menghubungkan sound card dengan speaker USB.
PENGERTIAN SOFTWARE
Software (perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang
berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.
Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer.
Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu;
A. Perkembangan software
Perkembangan software dibagi kedalam empat
periode yaitu :
1. Periode
Pioner
2. Periode
Stabil
3. Periode
Mikro
4. Periode
Modern
a. Periode Pioner (1950 – 1963)
• Bentuk
perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabelke antar bagian
dalam komputer
• Penggunaan
komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah
mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu
• Penggunaan
komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesaidikerjakan komputer
berupa print out.
• Proses
yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara
berurutan
b. Periode Stabil (1963 – 1980)
• Pada
era stabil penggunaan komputer sudah cukup meluas dan banyak digunakan di
berbagai kalangan
• Perusahaan
perangkat lunak bermunculan
• Baris-baris
perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer dilakukan secara
serempak (multi tasking)
• Satu
perangkat lunak dapat digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara
cepat/langsung (real time)
• Mulai
diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses)
dengan data (yang di proses)
c. Periode Mikro (1980 – 1990)
• Perangkat
lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani
internal, dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu
• Automatisasi
yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
d. Periode Modern (1990 – …)
• Perangkat
lunak/software terdapat pada hampir semua perangkat elektronik
• Semua
perangkat yang memiliki software dapat saling terhubung (otomatisasi)
• Pembuatan
sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah
menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan
berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.
• Tingkat
kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain
permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan
gambar
1. Software
terdiri dari beberapa jenis, yaitu;
•
Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell.OS/2,Windows, adalah
software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang
pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada
sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
• Program
Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll. Program utility
barfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi,
misalnya PC Tools dapat melakukan perintaah format sebagaimana DOS, tapi PC
Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses
pemformatan. File yang telah di hapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi
tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
• Program
Aplikasi, seperti GL,MYOB,Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan
suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka
program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan
oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang
programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan
seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya.
• Program
Paket, seperti Microsoft office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office
dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh
banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan
oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian adminstrasi untuk
membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
• Bahasa
Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic dll. Merupakan software yang khusus
digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program
paket dll.
Bahasa pemograman ini biasanya dibagi atas 3
tingkatan yaitu;
• Low
Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis
ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin.
Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
• Midle
Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan
instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk
dimengerti karena banyak menggunakaan singkatan-singkatan seperti STO artinya
simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE). Yang
tergolong dalam bahasa ini adalah Assembler, For Tran (Formula Translator).
• High
Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah
dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual
Basic, VB. Net dan lain-lain.
2.Perangkat Lunak Aplikasi
• Pengolah
Kata
• Contoh
: Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll
• Spread
Sheet
• Contoh
: Lotus, Excel, SPSS, dll
• DBMS
• Contoh
: Dbase, Access, FoxPro, dll
• Multimedia
• Contoh
: Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll
• Aplikasi
Games
• Contoh
: Mini Games, Heavy Games, dll
PENGERTIAN BRAINWARE
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta
mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual
yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware
tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware
tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait
dan saling membutuhkan.
Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri
Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama,
manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah
program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk
membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
• Konsep
Tri Tunggal
Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang
adanya internal check yang memadai, yaitu :
1. Operator
Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan
dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam
runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar
Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu
berjalan.
2. Teknisi
adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis
permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas
mengenai troubleshooting dan sebagainya.
3. Trainer
adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding
lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di
bidangnya.
4. Konsultan
adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di
dalam bidangnya.
5. Project
Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di
suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor .
6. Programmer
bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia
melalui program yang telah dibuatnya.
7. Graphic
Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir
dalam hal membuat suatu objek animasi.
8. Spesialis
Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan
Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan
Komputer.
9. Database
Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu
aplikasi, organisasi dan sebagainya.
10. System
Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan
menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang
Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak
terjadi kesalahan yang fatal
0 komentar:
Post a Comment