Pages

Friday 17 October 2014

penerapan teknologi informasi dalam dunia bisnis

Teknologi informasi sekarang ini berkembang dengan pesat, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini sekarang sudah mencakup berbagai macam bidang dalam kehidupan masyarakat kita saat ini,selain itu Teknologi informasi dan komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Teknologi informasi dan komunikasi seakan-akan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita, Maka diperlukan peningkatan kemampuan sumber daya manusia terutama di bidang Teknologi dan informasi,mulai dari keterampilan dan pengetahuan, pengoperasian,perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan, perusahaan, maupun Usaha Menengah Kecil.Dan hal tersebut berkembang cepat dengan adanya komunikasi melalui media Internet.
Teknologi informasi dibuat untuk memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpan dalam bentuk data, mentransformasikannya menjadi informasi dan menyebarkannya kepada para pemakai informasi di seluruh dunia.
Dalam dunia bisnis teknologi dan informasi mempunyai dampak yang cukup besar,misalkan suatu transaksi bisnis yang dicatat secara on-line,dan akan diolah, pada saat yang hampir bersamaan hasil pengolahan atau informasinya dapat dilihat, seperti yang lazim dilakukan kepada para nasabah bank pada saat melakukan transaksi pada ATM.


Informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi dan  informasi, informasi semakin mudah diperoleh tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara Online/ektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi jual beli barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik.Dalam e-commerce, pihak-pihak yang melakukan kegiatan jual beli hanya berhubungan melalui suatu jaringan public network yang dalam perkembangan terakhir menggunakan internet.

Teknologi infrormasi banyak membantu manusia dalam mengenali dan memecahkan masalah. Kegunaan teknologi infrormasi adalah membantu dalam memecahkan masalah dengan kreativitas yang tinggi dan membuat manusia semakin efektif dalam memanfaatkannya. Persaingan yang cukup keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani/mengatasi akan hal itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan informasi yang sangat aktual,akurat,cepat dan dapat dipercaya, yang semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi. walaupun praktek komunikasi bisnis menggunakan peranan Teknologi informasi dan komunikasi,,akan tetapi keberhasilan komunikasi itu tergantung oleh kemampuan masing-masing individu selagi ia bisa memanfaatkanya dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment